THE PLATFORM Pake E bukan A, Maafkan bambang inggrisnya jelimetan.

Ask Me:
soediro27@gmail.com
IG : @zeinerlangga

#ThePlatform #NETFLIX #KawanReview

TETAP POSITIF DAN JANGAN LUPA BAHAGIA

Nguồn: https://maturegamerpodcast.com/

Xem thêm bài viết khác: https://maturegamerpodcast.com/category/phim

admin

43 thoughts on “Review THE PLATFORM – Penuh Sindiran Keras (2020)”

  1. Barusan nnton ini bareng temen2 dan mikir keras,lalu stlh browsing beberapa sumber dan nonton beberapa youtuber tentang penjelasan akhir film ini, akhirnya dapet jawabannya versi aku. Tapi tiap orang bisa beda2 pemikirannya. Ternyata menurutku maksud dari film ini memang "mengirimkan pesan" untuk para penonton. Kita tela'ah dulu mengenai Ramses II, ramses II adalah raja firaun ke 3 yg konon pada zaman nabi musa dia yg tenggelam di laut merah, karena keserakahan dan kekejamannya. Nah disini kita bisa simpulkan,bahwa keserakahan dan kekejaman bukan menyelamatkan, tapi malah membawa petaka bagi diri sendiri. Lalu, "anak itu sebagai pesan" . Ya, betul si anak di lantai 333 adalah pesan, karena dia masih bisa bertahan walaupun dilantai paling dasar. Tanpa bantuan alat, tanpa melawan. Hanya mencoba bertahan dengan sembunyi, dan lihat akhirnya dia yg selamat walaupun dilantai paling bawah tanpa makanan pada awalnya. Dan dia dihantarkan sampai ke lantai paling tertinggi, mksd pesannya adalah bagaimanapun kita terjatuh sampe dasar, tapi bila kita bertahan dengan keikhlasan maka akan selamat. Si anak ini disebutkan punya kekuatan, iya dia punya kekuatan untuk bertahan hidup tanpa harus menjatuhkan yg lainnya.

    Jadi. Film ini banyak mengajarkan berbagai pesan kehidupan, endingnya ga ada. Tapi seperti yg disebutkan endingnya adalah "pesannya" dan pesannya tdk perlu memerlukan penghantar, maksudnya ga perlu dijelaskan sedemikian rupa yg penting "pesannya" yang dijelaskan.

    Itu sih yg didapet dari film ini, tapi sperti yg aku sebutin di awal tiap orang bisa beda2 punya arti dari film ini.

  2. Pesan yg sya dpt dri film ini, seperti perkataan mahatma gandhi "Bumi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan kita semua, namun tidak cukup untuk memenuhi keinginan segelintirkecil manusia yang serakah,”

  3. buat yang ada 3 lantai terakhir (yang bisa ngeliat ujung/dasar platform nya) kenapa ga pada naik platform nya aja biar bisa naik ke atas. bisa di hari ke2 lah, asumsi hari pertama pelajari situasi nya dan baru sadar bahwa dasar nya ada di lantai dekat dia (platform berhenti dan naik ke atas pasti terdengar suaranya dan bisa di kira2). setelah kedua kali nya platform turun, ya tinggal turun. si anak juga bisa dibawa sekalian. kalo ga gitu kenapa ga si anak itu naik aja sendiri dari awal daripada bengong. bener ga?

  4. Kalau menurut gue film ini menceritakan tentang kehidupan di dunia antara manusia dengan Tuhan, dan manusia dengan manusia… Bisa kita lihat bahwa makanan yang diberikan sangat sempurna.. artinya betapa Tuhan selalu memberikan hal yang paling sempurna buat manusia namun bahkan sejak sampai ditangan manusia pertama saja semuanya udah acak kadut dan penuh dengan sifat serakah..

    .
    Terus kenapa ditiap sel ada dua orang? Itu adalah simbol hubungan antar manusia dimana ketika kita berada di lantai atas (berkecukupan) manusia saling mendukung namun ketika kita berada dibawah (hidup susah) maka manusia akan mulai saling menusuk dari belakang.

    Terus kenapa masing masing boleh membawa satu barang? Itu adalah gambaran ap yg kita miliki sejak lahir. Goreng memilih buku yg mnurut sy sifat goreng sejatinya adalah orang yang bijaksana namun logis.. dan yg bawa anjing mnurut sy itu adalah gambaran dari sedikit kekayaan yang telah dibawah sejak lahir namun pada akhirnya jika kita terlalu sayang dengan kekayaan itu maka ujungnya akan tetap dirampas bgtu sja oleh org lain…

    Terus kenapa pembawa pesan adalah anak kecil?
    Mnurut sy itu adalah simbol dari sosok malaikat dimna sejati nya kepercayaan terhadap Tuhan dapat disampaikan oleh malaikat.. btw mnurut gue anak itu adalah anak ny si miharu.. krna secara logika gak mungkin anak itu survive tanpa mkan. Yang dipilih miharu untuk dibawah ke sel ya mungkin si anaknya itu tapi krna bbrpa dan lain hal miharu berpisah dari anaknya. Tp opini yg ini sy kurang yakin sih.

    Terus knpaa tiap bulan posisi sel di rolling? Secara logika klo kita telah merasakan hdup d bawah dan kmudian kita brada diatas, pasti kita akan mrasa empati dan tidak akan lagi jadi serakah. Namun pada film tdk sprti itu. Hal ini menggambarkan sifat mayoritas manusia yang artinya apapun yang kita lalui meski telah hdup susah, jika sudah menjadi kaya maka kekayaan itu akan mengubah sifat kita menjadi serakah dan tidak memiliki rasa empati.

  5. Kalau menurut gue film ini menceritakan tentang kehidupan di dunia antara manusia dengan Tuhan, dan manusia dengan manusia… Bisa kita lihat bahwa makanan yang diberikan sangat sempurna.. artinya betapa Tuhan selalu memberikan hal yang paling sempurna buat manusia namun bahkan sejak sampai ditangan manusia pertama saja semuanya udah acak kadut dan penuh dengan sifat serakah..

    .
    Terus kenapa ditiap sel ada dua orang? Itu adalah simbol hubungan antar manusia dimana ketika kita berada di lantai atas (berkecukupan) manusia saling mendukung namun ketika kita berada dibawah (hidup susah) maka manusia akan mulai saling menusuk dari belakang.

    Terus kenapa masing masing boleh membawa satu barang? Itu adalah gambaran ap yg kita miliki sejak lahir. Goreng memilih buku yg mnurut sy sifat goreng sejatinya adalah orang yang bijaksana namun logis.. dan yg bawa anjing mnurut sy itu adalah gambaran dari sedikit kekayaan yang telah dibawah sejak lahir namun pada akhirnya jika kita terlalu sayang dengan kekayaan itu maka ujungnya akan tetap dirampas bgtu sja oleh org lain…

    Terus kenapa pembawa pesan adalah anak kecil?
    Mnurut sy itu adalah simbol dari sosok malaikat dimna sejati nya kepercayaan terhadap Tuhan dapat disampaikan oleh malaikat.. btw mnurut gue anak itu adalah anak ny si miharu.. krna secara logika gak mungkin anak itu survive tanpa mkan. Yang dipilih miharu untuk dibawah ke sel ya mungkin si anaknya itu tapi krna bbrpa dan lain hal miharu berpisah dari anaknya. Tp opini yg ini sy kurang yakin sih.

    Terus knpaa tiap bulan posisi sel di rolling? Secara logika klo kita telah merasakan hdup d bawah dan kmudian kita brada diatas, pasti kita akan mrasa empati dan tidak akan lagi jadi serakah. Namun pada film tdk sprti itu. Hal ini menggambarkan sifat mayoritas manusia yang artinya apapun yang kita lalui meski telah hdup susah, jika sudah menjadi kaya maka kekayaan itu akan mengubah sifat kita menjadi serakah dan tidak memiliki rasa empati.

  6. Kenapa ya si baharat gak naik keatas paket platform aja..daripada paket tali….bukannya tidak platform bakal naik y setalah dari bawah….terus kenapa yang dibawah gak naik ke atas aja paket platform itu

  7. Capitalist system.
    Yang "di atas" hobinya nginjek nginjek yang ada di bawah…mereka yang di atas ga tau suatu hari nanti, posisinya bakalan gantian.

  8. Ok film keren ,aku dah dpt ending aku..sutradaranya nggateli jengkelin banget tapi gemesin juga.bnyk dah psen moral keren, So ambil peran kita masing 2 ,coba jadi ahli sedekah / ahli sabar tawakal.mungkin suatu hari orang semacam goreng dan baharat akan datang tak terduga melepaskan beban kita untuk melanjutkan siklus😂, ato jngn2 kita lah si goreng/baharat saat ini , knyataanya,dah bawaan lair kita untuk bertahan hidup, banyak yang pilih kenyang sekalipun makan daging teman,.Yang telak ternyata kita memang NDA akan pernah bisa keluar dari penjara itu.sampai pada masanya..so what's next .. saya bukan muslim yang sempurna.thx

  9. Menurut gw (SPOILER BANGET)
    Ini filem sangat komplek kita bisa mengambil makna dari setiap masalah dari setiap adegan nya
    Ini filem cermin dari sifat & peradaban manusia

    kita ambil saja gambaran manusia sejak awal manusia bisa ber layar/maritim, manusia mulai bisa eksplorasi benua2 pulau, dari awalnya hanya rasa ingin tahu tentang dunia luar, banyak hal yg merek temukan, inilah sifat ketamakan muncul, mulai ada zaman penjajahan yg dasarnya "MEMENTINGKAN DIRI NYA/ KAUM NYA SENDIRI" ini wujud dari "KAPITALIS"(Adam Smith) , yg pastinya mareka ada di Lantai teratas, semaunya dia, mau makan apa saja, sangat Egois rakus (manusia 1)

    Manusia ke 2) metamorfosa tentang apa yg dilakukan oleh protagonis dan Baharat, ber2 mencoba untuk mengatur dan berusaha untuk ADIL agar semua lantai kebagian, TAPI FAKTANYA merek menjadi diktaktor memukul sebengis2 nya siapapun yg mencoba melanggar, gambar an sifat "KOMUNIS" (Dengan teori kelas Karl Mark pertikaian antar golongan), mereka juga mencoba berkompromi dan mencoba berdemokrasi satu sama lain (digambar goreng x imoguiri) yg ujungnya berakibat gk ada hasil, malah yg terjadi saling mengancam yg bawah

    Manusia 3 yg jatuh = manusia yang putus asa menderita akibat ketidak pedulian M1 dan M2

    Ke 3 isme ini adalah gambar peradaban manusia dengan sifat2 pembawaannya

    Pesan dari 333 lantai /2 orang = 666 orang, imoguiri yg menyebut2 nama Ramses I, Ramses II coba kalian cari siapa sih ke 2 Ramses itu
    Pemikiran liar gw tentang lusifer setan (metamorfosa dari Eguileor si kakek pembisik dan tukang ngajrin karnibalisme)

    Banyak hal yg pengen gw sampaikan
    Coba kita flashback ke dialog antar Goreng dan Imoguiri perihal "PENGELOLAH" mereka yg punya penjara itu, kalau mereka tidak memasukan anak2 ke dalam sel, bisa dibilang mustahil mereka melakukan kesalahan 0 kesalahan khusus ini,
    Tapi faktanya apa?, Dipenghujung filem goreng dan Baharat menemukan ada anak kecil dan kita di pusingkn bahwa anak ini punya bakat + anak ini adalah pesan??? Apa sih pesannya

    NASIB goreng yah udah jelas di lt 333 ya dia mati, mau makan apa dia di bawah itu? Beling SM besi doang yg bisa dia makan, belum lagi diserang hawa dingin

    Nah yg bagian ini banyak kata dan pesan bikin imajinasi liar gw tentang filem ini

    Ramses + 666 + PENGELOLAH

    Apakah ini metamorfosa dari dari Lusifer yg dibuang dari surga / bisa juga sebagi protes kebijkan

    Dengan ditemukannya si anak kecil ini otomatis Sipengelolah ini berbuat kesalahan Kan ya?, Apa kalian berkesimpulan begitu, klo rupanya mereka salah/ kecolongan bahwa fakta nya ada anak kecil didlm sel ini

    Digambarkan seolah2 iblis alias Lusifer ini protes terhadap Tuhan, bahwa Tuhan berbuat kesalahan mengusir nya dari surga, sehingga terjadinya pertumbuhan darah diperadaban manusia ini karena ulah kita sendiri

    Ini pemikiran liar gw aja
    Ini filem terbaik dari yg sekian… yg gw tonton
    Apalagi ditengah2 wabah korona, ekonomi gk jalan, negara2 di ambang kebangkrutan, inget saat Si kakek laknat ini diawal2 filem, manusia yg terpenting perutnya, mau makan apa aja klo perut udah kosong apa aja mereka lakuin, akibat apa rusuh, kriminal, kejahatan dan bila sumber habis sangat memungkinkan kita saling membunuh demi perut

    Tp 1 hal yg ganjal dr filem ini meja dengan ukuran seperti untuk 666 orang? Coba kalian pikir2, gk cukup dong( sifat alami manusia)
    Menyebarkan juga pesan tentang berpuasa /Menahan

    Mungkin filem ini sangat mewakilkan bagi orang2 yg ini tahu , knp di Islam mewajibkan di setiap bulan ramadhan untuk berpuasa, ini lah jawabannya

    Pesan filem ini, intinya tantang "KESOMBONGAN DAN KERAKUSAN" bila kita bertingkat seperti ini, siap2 kita sudah mulai merusak peradaban

    Pesan untuk pemimpin jgn lupakan rakyat disituasi begini

    Punya harta banyak gk guna, hiduplah dengan sederhana, HIDUP ITU MURAH YANG MAHAL ITU GAYA HIDUP

  10. Nama karakter memang dibuat pakai kata2 Indonesia ya, goreng, terimagzi (terima kasih), imougiri (imogiri), bharat (barat). Btw ending nya gantung banget but ini lah yg bikin penasaran karena bakal banyak persepsi

  11. Awalnya pesan yg mau dikirim keatas itu adalah makanan penutup, lalu di ganti dgn anak kecil.

    Makanan ini menggambarkan harta.
    Sedangkan anak kecil ini menggambarkan kemanusian

  12. Emang kenapa sih kalo ada ending gantung? Isinya ada di setiap scene dan bisa di terjemahkan masing2 individu, tergantung prespektif dan referensi masing2.

  13. 1. Gw tertipu dgn cover film ini, gw kira ini tentang teknologi, tp berhubung udh di download jd diteruskan nonton sampe beres
    2. Si anak kecil di tempat paling bawah, otomatis tdk dpt makan, dia bisa bertahan hidup sperti apa..?
    3. Si anak kecil itu sejak kapan ada di lantai dasar,..?
    4. Si kake tua (trimagazi) selalu menghantui, sampe akhir film, ga ngerti

  14. Anak kecil di akhir film itu menurut persepsi saya adalah simbol harapan dimana generasi muda memang pilar untuk sebuah perubahan.Artinya ibarat perjuangan goreng itu adalah sebuah tongkat estafet,maka tongkat itu diserahkan kepada si anak kecil tersebut.

  15. Mksdnya apa sih dia di dasar gelap2? Trus gak jd naik ke atas? Dia kan dikit lagi mau keluar de penjara itu…bingung sih

  16. Ini PERFECT. Udah setahun aku nungguin film ini secara dia tayang perdana 2019 dan akhirnya Netflix membeli hak ciptanya. Dan wow, 9.5/10

  17. Gak baru bang, ini mirip snowpiercer versi vertikal. Kalau SP karya Bong JoonHo itu dikerta.

    Tapi jujur film El Hoyo (The Platform) bagus banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *